Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un -Telah Wafat KH Sahal Mahfuzh Kajen Pati Jawa Tengah (Rois 'Aam PBNU dan Ketua Umum MUI- lahul fatihah

Jumat, 30 Oktober 2009

IMAM AL-BUKHORI BUKAN SALAF AS-SOLIH ?

Kata salaf as solih sudah tampil di pergaulan khazanah umat Islam sebagai jaminan kebenaran. Namun, siapa salaf as solih sebenarnya ?

Dalam penjelajahan yang saya lakukan, yang saya temukan salaf as solih adalah tiga generasi pertama umat Islam. Generasi itu adalah :

  1. Para sahabat r.a., yaitu yang langsung berguru kepada Rosulullah Muhammad s.a.w. Beliau semua bertemu dengan Rosulullah Muhammad s.a.w. saat masih hidup.
  2. Para tabi'in, yaitu mereka yang berguru kepada para sahabat r.a. Jadi tabi'in ini adalah para murid langsung sahabat r.a. Para tabi'in ini bertemu dengan para sahabat r.a. saat masih hidup.
  3. Para tabi'it tabi'in, yaitu mereka yang berguru kepada tabi'in. Jadi mereka adalah murid langsung para tabi'in. Para tabi'ut tabi'in ini bertemu dengan para tabi'in saat masih hidup.
Pemahaman ini saya temukan didasarkan kepada sabda Rosulullah Muhammad s.a.w. : "Sebaik-baik manusia adalah pada masaku ini, kemudian yang sesudahnya, kemudian yang sesudahnya (Muttafq 'alaih / H.R Bukhori dan Muslim)

Menurut penjelasan yang ada, yang dimaksud "pada masaku" adalah para sahabat r.a. Yang dimaksud kata "yang sesudahnya" yang pertama adalah para murid sahabat r.a. (tabi'in). Yang dimaksud kata "yang sesudahnya" yang kedua adalah para murid dari para murid sahabat r.a. (tabi'ut tabi'in).

Dengan menggunakan pemahaman itu, saya membuat kesimpulan bahwa Imam Al-Bukhori bukanlah termasuk salaf as solih. Mengapa ? Karena menurut sanad ilmunya beliau sudah generasi keenam. Ini di antara sanad ilmu Imam Al-Bukhori yang saya temukan :

  1. Imam Al-Bukhori, murid dari
  2. Imam Al-Humaidi, murid dari
  3. Imam Asy-Syafi'i, murid dari
  4. Imam Malik, murid dari
  5. Imam Nafi', murid dari
  6. Sahabat Abdullah bin 'Umar r.a., murid dari
  7. Rosulullah Muhammad s.a.w.
Demikian pula bila kita melihat hadits-hadits yang diriwayatkan dalam sohih bukhory, kita melihat Imam Al-Bukhori tidak berada pada kelompok sanad (mata rantai) di tiga generasi pertama.

Jadi......., siapa saja yang salaf as solih ?

Mungkin kita perlu lebih banyak meneliti, sehingga menemukan pemahaman yang lebih utuh dan dapat mendudukan sesuatu sesuai dengan seharusnya.



Tidak ada komentar: